E-learning Spesialis Nomor Satu

27 Desember 2014

Ciri-ciri dan Klasifikasi Ikan (Pisces)

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Ciri-ciri dan Klasifikasi Ikan – Halo, ketemu lagi dengan Eduspensa.com. Temen-temen yang masuk jurusan IPA pasti akan mempelajari tentang Ikan atau Pisces, nah hari ini kita akn belajar mengenai Ciri-ciri dan Klasifikasi Iklan

Ikan (pices) adalah anggota dari vertebrata poikilotermik (berdarah dingin). Ikan memiliki spesies lebih dari 27.000 di seluruh dunia. Dalam taksonomi ikan tergolong kelompok paraphyletic. Biasanya ikan dibagi menjadi ikan tanpa rahang (Agnatha), ikan bertulang rawan (Chondrichthyes) dan ikan bertulang keras (Osteichthyes).


Ciri-ciri dan Klasifikasi Ikan

Ciri-ciri dan Klasifikasi Ikan (Pisces)
Ciri-ciri dan Klasifikasi Ikan (Pisces)

1.      Ciri-ciri umum ikan (pisces)


-          Tubuh terdiri dari kepala, badan, dan ekor. Tubuh umumnya ditutupi oleh kulit yang bersisik dan berlendir. Ikan memiliki sirip untuk berenang.
-          Ikan bernapas dengan insang yang mana insangnya ditutupi oleh operkulum (tutup insang). Dan insang yang mengalami pelebaran disebut labirin.
-          Ikan bersifat poikiloterm yaitu berdarah dingin atau suhu tubuh dipengaruhi oleh suhu lingkungan.
-          Dalam sistem peredaran darahnya tertutup tunggal yaitu dalam satu kali peredaran darah , darah hanya satu kali melalui jantung.
-          Alat ekskresi ikan berupa ginjal dengan tipe pronefron atau mesonefron
-          Sistem koordinasi atas sistem saraf pusat (otak dan sumsum tulang belakang) dan sistem hormon
-          Alat kelamin ikan terpisah ata hermafrodit. Fertilisasi terjadi secara eksternal (di luar tubuh) atau internal(di dalam tubuh).


2.      Klasifikasi Ikan (pisces)


Ikan dibagi tiga kelas, yaitu Agnatha (ikan tidak berahang), Chondrichtyes (ikan bertulang rawan), dan Osteichtyes (ikan bertulang keras).
-          Agnatha terdapat di Amerika Utara dan Eropa. Sebagian besar Agnatha hidup di dasar perairan laut atau air tawar. Tubuh Agnatha beberbrntuk silindris memanjang, dan berukuran sekitar 76 – 90 cm. Agnatha tidak memiliki rahang tetapi memilik mulut berbentuk lingkaran dan berparut. Contoh Agnatha yaitu belut laut atau lamprey laut (Petromyzon marinus), lamprey sungai (Lampetra fluviatilis) dan lain-lain.

-          Chondrichthyes kulit tubuhnya tertutup oleh sisik-sisik plakoid yang kasar berisi dentin (mesodermal) dan dilapisi dengan email (ektodermal). Chondrichthyes memiliki mulut yang terletakk di bagian bawah dengan lidah dan rahang. Alat kelamin terpisah dan fertilisasi terjadi secara eksternal atau internal. Contoh Chondrichthyes yaitu ikan hiu (Squalus sp.), iakn pari (Makaraja sp.)

-          Osteichthyes hidup di laut , air tawar dan rawa-rawa. Ukuran tubuhnya bervariasi antara 1 – 6 m. Osteichthyes merupakan ikan bertulang sejati dengan endoskeleton yang mengandung matriks kalsium fosfat yang keras. Osteichthyes bernapas dengan insang yang ditutupi oleh operkulum (tutup insang). Contoh Osteichthyes yaitu ikan mas koki (Carrasius auratus, ikan terbang (Cypselurus sp.).

Terima kasih telah membaca Ciri-ciri dan Klasifikasi Ikan. Terus kunjungi EdukasiSpensa. Baca juga Pengertian, Pengertian, Rumus dan Contoh 16 Tenses Bahasa Inggris
Tags :

Related : Ciri-ciri dan Klasifikasi Ikan (Pisces)

0komentar:

Poskan Komentar