E-learning Spesialis Nomor Satu

28 Oktober 2015

Pengertian dan Tujuan Manajemen Pemasaran

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Pengertian dan Tujuan Manajemen Pemasaran - Kalian sedang belajar mengenai bisnis dalam mata pelajaran Kewirausahaan? Jika iya, pasti salah satu materi pembelajaran yang kalian dapat ialah manajemen pemasaran.

Tapi sebelum kita terjun ke materinya kita ngomongin dulu nih tentang dasar pemasaran. Di mapel kewirausahaan ada 6 aspek penting dalam suatu usaha atau yang biasa disebut dengan istilah 6M : Man, Money, Material, Machine, Methods dan yang terakhir adalah Market.

Bayangin aja, kita udah punya duit, tenaga kerja, alat dan segala macem tapi produk kita gak dipasarkan gimana mau produksi lagi? Cari untung, bayar alat, karyawan dan lain-lain?

Makanya kita harus melakukan berbagai upaya marketing management supaya produk kita dapat bersaing karena makin hari kompetitor bisa bertambah seperti dengan memasang iklan di media online maupun offline. Jadi, keberhasilan manajemen pemasaran bisa kita katakan sebagai kuncinya kesuksesan suatu perusahaan atau bisnis yang dijalankan.

Pemasaran ini juga punya dampak baik untuk konsumen maupun produsen. Bagi konsumen sendiri, aktivitas pemasaran dapat dipandang untuk menawarkan berbagai alternative pemuas suatu kebutuhan, sehingga nilai dari kepuasan itu sendiri meningkat. Bagi produsen, aktivitas pemasaran dapat meningkatkan pelayanan yang lebih untuk memenuhi kebutuhan konsumen jadi bukan cuman untuk cari untung.

Setelah kalian mendapat gambaran awal gimana itu pemasaran, kita lanjut ke pokok artikel ini. Yaitu membahas tentang :
1. Pengertian Manajemen Pemasaran
2. Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli
3. Perkembangan Manajemen Pemasaran
4. Tujuan Manajemen Pemasaran
Sekarang kita menuju pembahasan yang pertama yaitu pengertianya.

Pengertian Manajemen Pemasaran 

Pengertian dan Tujuan Manajemen Pemasaran
Pengertian dan Tujuan Manajemen Pemasaran

Secara umum, pengertian manajemen pemasaran adalah
Proses penganalisaan, perencanaan, pelaksanan serta pengawasan suatu program yang memiliki tujuan untuk menciptakan pertukaran denga pasar yang ditujukan yang berujung pada pencapaian tujuan perusahaan.
Untuk pengertian secara umumnya tidak semerta merta dipaparkan begitu saja. Tentu ada landasan kuatnya, dari mana? Didapat dari pengertian para ahli

Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli

Dari beberapa pengertian dibawah ini, bisa menjadi acuan pengertian umumnya. Seperti :

1. Dharmmesta & Handoko

Manajemen Pemasaran adalah salah satu kegiatan pokok yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan perusahaannya, berkembang, dan mendapatkan laba. Proses pemasaran itu dimulai jauh sebelum barang-barang diproduksi, dan tidak berakhir dengan penjualan. Kegiatan pemasaran perusahaan harus juga memberikan kepuasan kepada konsumen jika menginginkan usahanya berjalan terus, atau konsumen mempunyai pandangan yang lebih baik terhadap perusahaan.

2. Philip Kotler

Nah, ini dari orang terkenal. Pengertian manajemen pemasaran menurut Philip Kotler ialah
Penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang bertujuan menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai tujuan perusahaan. - Wikipedia

 3. American Marketing Association

Pemasaran adalah proses perencanaan dan melaksanakan konsep, promosi, harga serta distribusi beberapa ide, barang atau jasa guna menghasilkan pertukaran yang bisa memuaskan tujiuan individu dan organisasi.

Pengertian-pengertian pemasaran diatas juga didapat dari konsep pemasaran. "Set dah, apaan lagi tuh?" Santai dong, kosep pemasaran adalah kegiatan perencanaan pemasaran untuk mencapai tujuan perusahaan yaitu kepuasan pelanggan yang terdiri dari unsur :

  • Product
  • Price
  • Placement
  • Promotion (Social maupun Global)
Setelah paham mengenai beberapa pengertian diatas, kita dapat menemukan rumusan manajemen pemasaran yang menyebutkan bahwa manajemen pemasaran adalah suatu proses managemen yang meliputi kegiatan pengananalisa, perencanan, pelaksanaan serta pengawasan aktivitas pemasaran yang dijalankan oleh perusahaan.

Tahap Perkembangan Manajemen Pemasaran

Sebagai tambahan informasi untuk temen - temen, manajemen pemasaran mengelamai berbagai perkembangan. Kenapa bisa gitu? Karena terjadainya revolusi industri. Beberapa tahapnya yaitu :
1. Tahap Orientasi Produksi
2. Tahap Orientasi Penjualan
3. Tahap Orientasi Pemasaran
4. Tahap Orientasi Sosial/Masyarakat

Tujuan Manajemen Pemasaran

Dalam melakukan manajemen pemasaran tentu harus ada tujuanya bukan? Beberapa tujuan utama dari manajemen pemasaran ialah :
1. Jangka Pendek
Tujuan jangka pendek bagi perusahaan adalah untung secepat mungkin. Artinya dapat menutup semua biaya-biaya produksi yang digunakan, dan jika ada kelebihan maka dikatakan laba/untung

2. Jangka Menengah
Tujuan jangka menengah adalah mengusahakan mencapai titik impas antara total biaya produksi dan total volume penjualan, memperluas cakupan promosi, dan berusaha lebih memperbesar cakupan volume penjualan.

3. Jangka Panjang
Untuk jangka panjang perusahaan mempertahan para pelanggan setia agar tetap loyal dengan produknya, antara lain dengan produk yang inovatif, kreatif dan berdaya guna lebih, serta memberikan potongan harga khusus bagi pelaggan.
Gimana temen - temen? Sudah puas mengenai pengertian dan tujuan manajemen pemasaran belum? Kalau belum, masih ada banyak materi pembelajaran yang akan kita bahas bersama di Eduspensa.com 

Related : Pengertian dan Tujuan Manajemen Pemasaran

1 komentar:

Poskan Komentar