E-learning Spesialis Nomor Satu

7 November 2015

Bentuk dan Dampak Perubahan Sosial Budaya Lengkap

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Bentuk dan Dampak Perubahan Sosial Budaya - Halo pelajar semua. Ketemu lagi sama Eduspensa.com. Kalian sedang belajar mengenai perubahan sosial? Nah kalau iya artikel yang satu ini cocok banget buat kalian.

Kalau sebelumnya kita sudah bahas mengenai pengertian perubahan sosial budaya yang mencakup faktor pendorong dan penghambat perubahan sosial, kali ini kita akan belajar mengenai bentuk dan dampak perubahan sosial budaya tersebut lebih lanjut.

Jadi, poin penting yang harus kalian pahami pada artikel ini ialah :
1. Bentuk-bentuk Perubahan Sosial Budaya
2. Dampak Positif Perubahan Sosial Budaya
3. Dampak Negatif Perubahan Sosial Budaya
Scroll kebawah yuk buat mulai belajar.

Baca juga : Contoh Perubahan Sosial Budaya

Bentuk-Bentuk Perubahan Sosial Budaya

Untuk bentuk perubahan sosial dan budayanya sendiri dibedakan menjadi 4, apa saja?

1. Dilihat dari Proses

a) Evolusi (Perubahan Secara Lambat)
Perubahan evolusi merupakan perubahan yang lama dengan diikuti perubahan kecil. Pada evolusi, perubahan yang terjadi tanpa ada tekanan atau terjadi dengan sendirinya, kenapa? Karena raktya biasanya selalu berusaha menyesuaikan diri dengan keadaan atau kondisi yang baru timbul di lingkungannya.
Contoh : Perubahan dari masyarakat tradisional ke modern.

b) Revolusi (Perubahan Secara Cepat)
Perubahan revolusi merupakan perubahan yang terjadi secara cepat dalam dasar atau sendi-sendir pokok yang terdapat dalam masyarakat. Peubahan ini dapat direncanakan terlebih dahulu dan biasanya harus ada pemimpin kelompok masyarakat.
Contoh : Revolusi industri.

Bentuk dan Dampak Perubahan Sosial Budaya
Bentuk dan Dampak Perubahan Sosial Budaya

2. Dilihat dari Pengaruhnya

a) Pengaruh Kecil
Merupakan perubahan yang kurang menghasilkan pengaruh langsung bagi masyarakat, jadi tidak sampai menghasilkan keributan.
Contoh : Perubahan model gaya rambut atau fashion.

b) Pengaruh Besar
Merupakan perubahan yang membawa dampak besar dalam unsur-unsur kehidupan masyarakat yang penting seperti stratifikasi sosial dan sebagainya.
Contoh : Industrialisasi.

3. Dilihat dari Penyebab

a) Perubahan yang Dikehendaki
Perubahan yang dikehendaki merupakan perubahan yang sudah direncanakan sebelumnya oleh pihak-pihak yang hendak melakukan perubahan dalam masyarakat. Pihak yang menghendaki melakukan perubahan disebut agent of change. Agent of Change merupakan orang kepercayaan atau pimpinan lembaga masyarakat.
Contoh : program Keluarga Berencana, imunisasi.

b) Perubahan yang Tidak Dikehendaki
Yang satu ini merupakan hal yang tidak bisa dalam kendali masyarakat dan biasanya menghasilkan masalah yang memicu kendala dalam masyarakat.
Contoh : bencana alam.

4. Dilihat dari Hasil

a) Progress
Progress merupakan perubahan sosial yang sangat diharapkan masyarakat. Perubahan yang membawa kemajuan ini menguntungkan masyarakat seperti bergantinya masyarakat tradisional menjadi masyarakat modern
Contoh : penemuan alat komunikasi, transportasi.

b) Regress
Regres atau perubahan menuju kemunduran disebabkan oleh penggunanya itu sendiri. Biasanya terjadi karena penyalahgunaan perangkat teknologi. 
Contoh : Misal saja internet disalahgunakan untuk melakukan tindak kejahatan atau mengakses situs yang tidak pantas

Dampak Perubahan Sosial Budaya

Kita lanjut ke pembahasan berikutnya yaitu mengenai dampak perubahan sosialnya. Perubahan sosial budaya memberikan dampak tersendiri secara langsung maupun tidak langsung. Hal tersebut juga didukung akibat modernisasi dan globalisasi.

Dampak Positif Perubahan Sosial Budaya :

1. Eratnya integrasi masyarakat. Hal tersebut bisa terjadi jika masyarakat dapat menyikapinya dengan baik sehingga tidak terjadi konflik.

2. Kemajuan teknologi. Teknologi seiring zaman terus maju, hampir semua orang sudah bisa memanfaatkan tekonologi di sekitarnya sehingga bisa meningkatkan taraf hidup mereka.

3. Tingkat kehidupan yang lebih baik. Seperti yang sudah Admin sebutin di poin ke 2 dimana teknologi membawa perubahan besar dalam kehidupan seseorang dan kita dapat menggunakannya untuk kebaikan produktifitas manusia.

4. Pola pikir yang lebih maju. Kalau dulu mungkin saja masyarakat pikiran mereka masih primitive dan terisolir, berkat modernisasi dan pengetahuan mereka dapat berfikir lebih maju dan meninggalkan pemikiran lama.

5. Perubahan nilai dan tata sikap. Terjadinya difusi dan inovasi dalam kebudayaan dapat mengubah nilai dan sikap masyarakat yang semula irasional menjadi rasional.

6. Menumbuhkan sikap menghargai waktu dan mau bekerja keras.

7. Munculnya sistem pembagian pekerjaan antara pria dengan wanita menurut kemampuan mereka juga semakin kecilnya tingkat diskriminasi terhadap wanita.

Dampak Negatif Perubahan Sosial Budaya :

1. Munculnya perilaku hidup konsumtif. Kemampuan daya beli masyarakat yang meningkat membuat para pengusaha memproduksi segala macam barang kebutuhan menyebabkan adanya pola hidup konsumtif.

2. Terjadinya ketertinggalan budaya. Ketertinggalan budaya atau yang bisa disebut sebagai cultural lag merupakan suatu keadaan dimana terjadi unsur – unsur kebudayaan tertentu yang tertinggal perkembangannya di tengah berbagai kemajuan unsur kebudayaan yang lain. Biasanya ini terjadi karena masyarakat memiliki laju pertumbuhan budaya yang lambat.

3 Dekadensi Moral. "Ha? paan tuh?" ini tuh menurun atau merosotnya moral seseorang yang ditunjukkan dari perilakunya yang bertentangan dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat, contohnya pergaulan bebas yang tidak patut dicontoh.

4. Sikap individualis. Semakin kesini persaingan hidup semakin ketat sehingga nilai kemanusiaan semakin menurun. Budaya di Indonesia seperti Gotong Royong-pun sangat tertinggal, contoh saja kebanyakan masyarakat kota yang mungkin jarang berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

5. Kriminalitas. Perubahan sosial budaya juga bisa mengakibatkan kriminalitas, faktornya ya seperti persaingan hidup yang semakin ketat dan juga perilaku konsumtif manusia yang tidak diimbangi dengan pemasukan yang ada dapat menimbulkan seseorang berbuat nekat demi keinginannya. 

6. Gaya hidup. Gaya hidup masyarakat tertentu bisa berubah karena adanya globalisasi, mereka mengikuti gaya orang luar yang mungkin saja dianggap tidak pantas di negara sendiri.

7. Kesenjangan sosial. Perubahan kebudayaan biasanya hanya dinikmati oleh segelintir orang saja dan biasanya mereka memiliki taraf ekonomi yang lebih baik dibanding yang tidak. 

"Wah jadi gitu ya min dampak perubahan sosialnya, yang negatif ngeri-ngeri!" Yep, kita sebagai orang Indonesia yang digembleng mentalnya harus menyikapi perubahan ini dengan baik. Kita harus pandai memilahnya bro!

Itu dia bentuk-bentuk perubahan sosial beserta dampaknya. Jika temen-temen pengen tahu lebih lanjut mengenai perubahan sosial bisa stalk aja Eduspensa.com atau silahkan berkomentar di bawah artikel ini.

Related : Bentuk dan Dampak Perubahan Sosial Budaya Lengkap

1 komentar:

Poskan Komentar