E-learning Spesialis Nomor Satu

14 Desember 2015

20 Contoh Kebutuhan Primer dan Penjelasannya

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Contoh Kebutuhan Primer - Kamu manusia kan? Ya pasti dong hehe. Kalau manusia pasti membutuhkan sesuatu untuk hidup. Di dunia ini dikenal ada 3 jenis kebutuhan yaitu : Kebutuhan Primer, Kebutuhan Sekunder dan Kebutuhan Tersier.

Dimulai dari kebutuhan primer, apa sih pengertian kebutuhan primer? Kebutuhan primer adalah kebutuhan pokok (primary) yang dibutuhin sama manusia. Ada kata primary tuh, ibarat kalian main game RPG atau yang ada senjatanya pasti ada primary weapon kan? Jadi "primary" ini yang bener-bener harus dipenuhin atau harus kita punya dulu baru lanjut ke sekunder.

Kalau kebutuhan primer gak terpenuhi akibatnya gimana? Kalau gak terpenuhi bisa-bisa kehidupan manusia keganggu lho, salah satu contoh kebutuhan primer itu kan Pangan (Makanan), bayangin manusia gak pernah makan atau minum ya bisa meninggal bukan?

Di artikel ini, Eduspensa.com akan kasih beberapa contoh kebutuhan primer yang sudah kami rangkum dari banyak sumber. Apa aja? Scroll aja ke bawah

Baca juga : Contoh Kebutuhan Sekunder

Contoh Kebutuhan Primer

Berikut ini ada 20 contoh kebutuhan primer yang udah kami kumpulin, 3 teratas merupakan yang paling utama. Apa aja sih 20 contohnya?

1. Sandang (Pakaian)
Yang pertama itu sandang. Sandang merupakan kebutuhan berupa pakaian yang tentu untuk menutupi tubuh kita dan sebagai pelindung dari panas-dingin. Dahulu sih pakaian dibuat dari kulit kayu dan hewan. Namun karena perkembangan teknologi yang semakin maju, pakaian dibuat dari tenunan benang dengan berbagai macam jenis. Contoh aja pakaian kerja, pakaian rumah dan sebagainya.

Contoh Kebutuhan Primer dan Penjelasanya
Contoh Kebutuhan Primer dan Penjelasanya

2. Pangan (Makanan)
Udah disinggung sedikit di awal artikel mengenai makanan dan minuman kan? Yep, tanpa makan dan minum gimana manusia bisa hidup? Jadi tuh makanan penting banget. Di negara berkembang seperti Indonesia ini, makanan masih diproduksi secara tradisional dengan memperluas lahan pertanian (ekstentifikasi) . Sedangkan di negara maju seperti Amerika sistem pertanian mereka sudah modern (intensifikasi)

3. Papan (Tempat Tinggal) 
Manusia membutuhkan tempat untuk berteduh, berlindung dari panas dan dingin. Untuk sekarang juga bertambah menjadi hal yang wajib untuk berkumpul dengan keluarga, namun tidak semua keluarga dapat menikmati tempat tinggal yang nyaman bahkan ada yang tidak punya sama sekali.

Nah jadi ada 3 kebutuhan primer yang paling utama menurut wikipedia. Selanjutnya ada beberapa contoh lagi mengenai kebutuhan primer

4. Keluarga
Siapa sih yang gak pengen punya keluarga? Keluarga merupakan hal yang sangat kita butuhkan. Berbagai macam hal pertama kali kita pelajari ya dari keluarga kita bukan? Keluarga memang jadi kebutuhan psikologis yang penting. Banyak dari kita yang mungkin sudah tidak punya keluarga, hidup sendiri dan sebagainya. Jadi bersyukur, hargailah hidup kita dan bantu mereka dengan layak.

5. Teman
Dari keluarga, sekarang ke teman. Manusia itu makhluk sosial, tidak bisa jauh dari manusia lain, kita saling membutuhkan untuk dapat bertahan hidup entah kalian yang mungkin introvert berfikir "Wah gak juga tuh, gue sendiri dan gue biasa aja" Namun coba berfikir lebih dalem lagi kalau kalian tidak sendiri, pasti ada sesosok teman di hidup kalian. Dari teman kita belajar, dari teman kita berkembang, dari teman kita bisa merasakan kasih sayang dan pengalaman yang tak terlupakan.

6. Pendidikan
Pendidikan menjadi salah satu faktor suatu negara dapat berkembang. Kita sebagai pelajar berhak mendapatkan pendidikan yang layak, bersekolah dan belajar dengan nyaman.

7. Informasi
Sebagai manusia, kita juga butuh informasi mengenai hal disekitar kita. 

8. Pengetahuan
Hampir sama seperti pendidikan, namun lebih luas lagi karena pengetahuan ini banyak sekali jenisnya. Tidak hanya pengetahuan formal, non formal maupun skill-skill hidup termasuk pengetahuan untuk bertahan hidup bukan?

9. Pekerjaan
Bekerja dan mendapatkan penghasilan yang layak untuk menghidupi diri sendiri maupun keluarga sangat kita butuhkan. Tanpa bekerja mungkin kita akan susah memenuhi kebutuhan primer yang lain.

10. Kasih Sayang
Manusia membutuhkan kasih sayang, entah dari keluarga atau siapapun yang peduli kepada kita.

11. Hubungan
Kita sebagai manusia membutuhkan hubungan kekeluargaan, pertemanan atau berbagai macam hubungan yang dapat memenuhi kebutuhan pokok kita.

12. Privasi
Semua orang membutuhkan privasi, berbagai hal yang cuman boleh diketahui namun orang lain tidak boleh ketahui merupakan kebutuhan pokok seseorang.

13. Kesehatan
Masa sih kita gak butuh sehat. Dengan adanya jaminan kesehatan yang disediakan pemerintah kemudian berbagai kebutuhan yang layak dan higienis menjadi contoh kebutuhan primer kita.

14. Keselamatan
Manusia juga perlu adanya jaminan keselamatan.

15. Keamanan
Kalau lingkungan tempat kita tinggal atau yang kita lewati tidak aman tentu kita akan was-was jikalau terjadi sesuatu. Makanya kita sangat butuh jaminan keamanan.

16. Ketentraman
Lingkungan aman, kesehatan bagus, berbagai kebutuhan terpenuhi sehingga hidup kita menjadi tentram merupakan kebutuhan semua manusia.

17. Dihargai dan Menghargai
Manusia hidup ingin dihargai, namun kalau ingin dihargai terlebih dahulu kalian harus bisa menghargai orang lain.

18. Menunjukan Prestasi/Kemampuan
Manusia butuh menunjukan prestasinya, salah satunya agar mereka memperhitungkan keberadaanya dan mendapat pengalaman dalam hidup.

19. Identitas
Kita harus dikenal dalam lingkungan kita, orang-orang perlu tau supaya kita dapat berinteraksi dengan mereka kemudian menjalin ikatan pertemanan yang akan membuat hidup kita menyenangkan.

20. Mencintai dan Dicintai
Siapa sih yang gak pengen dicintai? Kita harus punya orang yang kita cintai, entah dari keluarga atau teman mungkin.

Referensi :
Maslow's hierarchy of needs
Fundamental Human Needs
Hedisasrawan

Gimana? Contoh kebutuhan primernya kurang banyak? Kalau masih kurang silahkan berkomentar atau boleh tambahin contohnya di kolom komentar biar admin edit lagi artikelnya.

Related : 20 Contoh Kebutuhan Primer dan Penjelasannya

0komentar:

Poskan Komentar