E-learning Spesialis Nomor Satu

21 Januari 2016

Contoh Teks Eksplanasi Hujan Asam Beserta Strukturnya

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Hujan asam merupakan sebuah fenomena alam yang cukup berbahaya bagi makhluk hidup. Hewan, tumbuhan dan khususnya manusia bisa terancam keselamatan hidupnya. Tapi, bagaimana proses terjadinya fenomena hujan asam ini?

Dalam mata pelajaran #Bahasa Indonesia kalian diajari mengenai teks eksplanasi di kelas VII dan kelas XI sedang mencari contoh teksnya, dari permasalahan tersebut sudah kami sediakan contoh teks eksplanasi hujan asam beserta strukturnya.

Kalian juga bisa lihat mengenai banyak contoh teks eksplanasi di kategori #Teks Eksplanasi yang sudah kami sediakan lho

Contoh Teks Eksplanasi Hujan Asam

Sebelum kalian mengetahui bagaimana hujan asam tersebut, sebaiknya kalian pahami juga mengenai struktur teks eksplanasi yang sudah kami bahas lengkap. 

Hujan Asam

1. Pernyataan Umum (Pembuka)
Dalam bagian pembuka diulas singkat, menggambarkan latar belakang dari teks yang akan dijelaskan rincian kejadiannya.
Hujan asam menurut wikipedia adalah hujan yang mempunyai kadar keasaman dibawah 5,6 pH. Akan tetapi secara alami memilik pH 6 atau sedikit dibawahnya. Fenomena alam hujan asam ini terjadi karena zat belerang (sulfur) yang ada di atmosfer dimana merupakan gas yang dihasilkan dari pembakaran bahan fosil yang ada di bumi.

2. Deretan Penjelas (Isi)
Dalam deretan penjelas bisa disebut juga dengan urutan sebab akibat, tentunya berisikan penjelasan rinci bagaimana fenomena tersebut bisa terjadi.
Proses terjadinya hujan asam ini terjadi karena gas sulfur oksida yang mayoritasnya dikeluarkan melalui asap pabrik dan gas nitogren yang dihasilkan dari pembakaran bahan bakar kendaraan bermotor. Kemudian gas tersebut terkumpul menjadi satu yang selanjutnya bereaksi dengan uap air yang ada diudara. Nah dari proses reaksi tersebut menghasilkan asam sulfat, nitrit dan nitrat yang berkondensasi membentuk awan yang menjadikannya hujan asam.
Ada pula penjelasan ilmiah mengenai hujan asam. Terjadinya hujan asam ini secara alami disebabkan oleh aktivitas gunung berapi dan proses-proses biokimia yang terjadi di bumi seperti di rawa, tanah, laut dan sebagainya. Namun memang kita akui saat ini bahwa hujan asam lebih banyak dikarenakan oleh ulah manusia entah dari aktivitas berkendara menggunakan mesin bermotor maupun aktivitas industri.
Hujan asam ini mulai ditemukan pada tahun 1852 oleh Robert Angus Smith di kota Manchester. Setelah beselang satu abad tepatnya pad atahun 1970-an barulah banyak ilmuwan yang banyak meneliti mengenai hujan asam. Sejak tahun 1990-an orang-orang mulai peduli mengenai dampak keruasakan yang disebabkan oleh hujan asam ini terhadap lingkungan maupun kehidupan mereka.

Perlu diketahui juga bahwa hujan asam yang kerap terjadi sekarang ini dimulai ketika adanya revolusi industri di Eropa, dan sampai sekarang terlihat dampak dari hujan asam tersebut sehingga mulai terlihat dampak hujan asamnya dimana terjadinya penuruan tingkat keasaman atau pH di daerah kutub yang tadinya berada pada angka 6 sekarang menjai 4,5. Tidak hanya itu, dampak lain juga terasa seperti matinya organisme kecil di daerah tersebut.


Contoh Teks Eksplanasi Hujan Asam Beserta Strukturnya
Teks Eksplanasi Tentang Hujan Asam
3. Penutup (Interpretasi)
Dalam bagian ini penutup berarti juga sebagia opini dari penulis, jadi penutupnya bisa berbeda versi
Hujan asam merupakan peristiwa yang mengkhawatirkan, ada berbagai dampak buruk seperti rusaknya sarapa prasarana, menghambat perkembang biakan hewan laut, matinya berbagai jenis ikan, beracun bagi manusia dan lingkungan kita akan menjadi rusak.

Dengan memahami contoh teks eksplanasi hujan asam diatas mudah-mudahan juga bisa membuat kalian sadar akan dampaknya dan mulai memelihara lingkungan kita supaya bumi sehat dan kita juga sehat. 

Related : Contoh Teks Eksplanasi Hujan Asam Beserta Strukturnya

0komentar:

Poskan Komentar