E-learning Spesialis Nomor Satu

5 Januari 2016

Contoh Struktur Teks Eksplanasi Kompleks Bahaya Rokok

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Contoh Teks Eksplanasi Kompleks - Sesuai dengan penambahan kata kompleks, teks ekpslanasi kompleks berarti sebuah teks yang berfungsi menjelaskan rentetan fenomena yang berhubungan satu sama lain dan berdasarkan fakta yang ada.

Supaya lebih jelas lagi mengenai teks eksplanasi kompleks, Kami akan memberi contoh teks eksplanasi sosial yang cukup bagus untuk kalian pelajari. Dalam teks eksplanasi ini terdapat struktur teks eksplanasi dimana memudahkan teman-teman dalam memahaminya.

Atau mungkin kamu bisa baca 10 contoh teks eksplanasi fenomena alam

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Bahaya Rokok

Berikut sebuah contoh mengenai teks eksplanasi kompleks tentang bahaya rokok yang semoga memenuhi keingin tahuan temen-temen :

1. Pernyataan umum (Pembuka)
Untuk bagian ini, biasanya dijelasin gimana latar belakang informasi yang ditulis. Biasanya bagian pembuka ini singkat supaya pembaca mengetahui mengenai latar belakang yang diceritakan tanpa menimbulkan kesan membosankan.
Rokok adalah silinder dari kertas berukuran panjang antara 70 hingga 120 mm (bervariasi tergantung negara) dengan diameter sekitar 10 mm yang berisi daun-daun tembakau yang telah dicacah. Rokok dibakar pada salah satu ujungnya dan dibiarkan membara agar asapnya dapat dihirup lewat mulut pada ujung lainnya.
2. Daerah penjelasan (isi) :
Dalam bagian isi, tentunya berisi mengenai deretan kejadian yang saling berhubungan. Dari paragraf awal bagian isi sampai akhir saling berkaitan sehingga menjadi teks yang bagus dan mudah dipahami.
Rokok biasanya dijual dalam bungkusan berbentuk kotak atau kemasan kertas yang dapat dimasukkan dengan mudah ke dalam kantong. Sejak beberapa tahun terakhir, bungkusan-bungkusan tersebut juga umumnya disertai pesan kesehatan yang memperingatkan perokok akan bahaya kesehatan yang dapat ditimbulkan dari merokok, misalnya kanker paru-paru atau serangan jantung (walaupun pada kenyataannya itu hanya tinggal hiasan, jarang sekali dipatuhi).
Telah banyak riset yang membuktikan bahwa rokok sangat menyebabkan ketergantungan, di samping menyebabkan banyak tipe kanker, penyakit jantung, penyakit pernapasan,penyakit pencernaan, efek buruk bagi kelahiran, dan emfisema

Zat Berbahaya dalam Rokok
a) NikotinZat ini mengandung candu bisa menyebabkan seseorang ketagihan untuk trus menghisap rokok
Pengaruh bagi tubuh manusia , menyebabkan kecanduan / ketergantungan, merusak jaringan otak
menyebabkan darah cepat membeku, mengeraskan dinding arteri
b) Tar Bahan dasar pembuatan aspal yang dapat menempel pada paru-paru dan bisa menimbulkan iritasi bahkan kanker. membunuh sel dalam saluran darah, Meningkatkan produksi lendir diparu-paru, Menyebabkan kanker paru-paruc) Karbon Monoksida
Gas yang bisa menimbulkan penyakit jantung karena gas ini bisa mengikat oksigen dalam tubuh.mengikat hemoglobin,  sehingga tubuh kekurangan oksigen menghalangi transportasi dalam darah.
d) Zat Karsinogen
Memicu pertumbuhan sel kanker dalam tubuh
e) Zat IritanMengotori
saluran udara dan kantung udara dalam paru-paru, Menyebabkan batuk. Zat-zat asing berbahaya tersebut adalah zat yang terkandung dalam dalam ASAP ROKOK, dan ada 4000 zat kimia yang terdapat dalam sebatang ROKOK, 40 diantaranya tergolong zat yang berbahaya.
Manusia di dunia yang merokok untuk pertama kalinya adalah suku bangsa Indian di Amerika, untuk keperluan ritual seperti memuja dewa atau roh. Pada abad 16, Ketika bangsa Eropa menemukan benua Amerika, sebagian dari para penjelajah Eropa itu ikut mencoba-coba menghisap rokok dan kemudian membawa tembakau ke Eropa. Kemudian kebiasaan merokok mulai muncul di kalangan bangsawan Eropa. Tapi berbeda dengan bangsa Indian yang merokok untuk keperluan ritual, di Eropa orang merokok hanya untuk kesenangan semata-mata. Abad 17 para pedagang Spanyol masuk ke Turki dan saat itu kebiasaan merokok mulai masuk negara-negara Islam.
Contoh Teks Eksplanasi Kompleks Tentang Bahaya Rokok
Contoh Teks Eksplanasi Kompleks

3. Simpulan/Penutup (enterpretasi) :
Untuk bagian penutup merupakan bagian yang menjelaskan inti dari isi teks tersebut. Biasanya bagian ini merupakan opini penulis, jadi walau judulnya sama namun penutupnya bisa berbeda-beda.
Secara kasatmata dapat terlihat bagaimana paru yang terpapar asap rokok mengalami perubahan warna. Paru yang sehat berwarna merah muda, sementara paru yang kena asap rokok berwarna kuning kecoklatan. Selain itu, bagian pipa udara atau trakea paru berubah menjadi kecoklatan dan tersumbat itu semua adalah bahaya rokok .maka dari itu kita harus sadar betul untuk menjauhi dan terhindar dari bahaya rokok agar kesehatan tetap terjaga.

Jika masih ada yang belum jelas mengenai struktur teks eksplanasi kompleks ataupun contohnya. Silahkan temen-temen gak usah malu untuk bertanya.

Related : Contoh Struktur Teks Eksplanasi Kompleks Bahaya Rokok

2komentar:

Poskan Komentar