E-learning Spesialis Nomor Satu

14 Januari 2016

Contoh Teks Eksplanasi Pelangi Beserta Struktur Lengkapnya

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Pelangi merupakan sebuah fenomena alam yang sering terjadi, biasanya setelah hujan turun. Temen-temen pasti pernah liat dong, entah di film maupun kejadian langsung. Nah hari ini kita akan memberi suatu contoh teks eksplanasi pelangi

Sudah tahu kan bahwa teks eksplanasi adalah teks yang menerangkan deretan kejadian-kejadian yang saling berhubungan dan sesuai fakta. Kemudian mempunyai struktur teks eskplanasi yang meliputi : pembuka, isi dan penutup.

Jika kalian yang ingin membuat sendiri mengenai teks penjelasan terjadinya pelangi pasti harus ada beberapa syarat yang harus dipenuhi seperti menyusun kalimat acak menjadi yang berhubungan, menjawab pertanyaan yang ada dari kalimat acak tersebut, ketiga kalian harus menghubungan kalimatnya supaya dapat berhubungan dengan logis dan menjadi contoh struktur teks eksplanasi pelangi yang bagus.

Lihat 8 contoh teks eksplanasi lainnya di kategori #Teks Eksplanasi

Contoh Teks Eksplanasi Pelangi

Jika kalian terburu-buru, berikut contoh teks eksplanasi pelangi beserta strukturnya yang bersumber dari Ilmu Pengetahuan Populer untuk Anak(2007), karya Hotimah dan M.Hariwijaya :


Teks Eksplanasi Pelangi

Pelangi

1. Pernyataan Umum (Pembuka)
Pelangi merupakan suatu busur spektrum besar yang terjadi karena pembiasan cahaya matahari oleh butir-butir air. Pelangi juga dianggap sebagai gejala optik dan meteorologi berupa cahaya beraneka warna saling sejajar yang tampak di langit atau medium lainnya. Pelangi tampak sebagai busur cahaya dengan ujungnya mengarah pada horizon pada suatu saat hujan ringan. Pelangi juga dapat dilihat di sekitar air terjun yang jelas.

2. Deretan Penjelas (Isi)
Pelangi dan efek cahaya lain di langit di sebabkan oleh cahaya yang membias dan menyimpang menjauhi partikel. Saat matahari terbenam, langit menjadi merah karena karena sinar matahari lewat melalui atmosfer yang jauh lebih tebal daripada ketika matahari berada tinggi di langit pada siang hari. Pelangi tidak akan tampak pada malam hari atau ketika cuaca mendung. Hal itu terjadi karena pelangi merupakan hasil dari pembiasan cahaya. Pada mulanya cahaya matahari melewati sebuah tetes hujan, kemudian di belokkan atau dibiaskan menuju tengah tetes hujan sehingga memisahkan cahaya putih menjadi warna spektrum.

3. Penutup (Interpretasi)
Pelangi hanya dapat di lihat saat hujan bersamaan dengan matahari bersinar tapi dari sisi yang berlawanan dengan si pengamat. Posisi si pengamat harus berada di antara matahari dan terkesan air dengan matahari di belakang orang tersebut. Matahari, mata si pengamat dan pusat busur pelangi harus berada dalam satu garis lurus. Cahaya dengan panjang gelombang terpendek seperti ungu, terdapat di bagian kurva dan yang memiliki panjang gelombang terpanjang seperti merah terdapat pada bagian luar
Contoh teks eksplanasi singkat diatas bukan dari Admin, ingat ya. Dari buku Ilmu Pengetahuan Populer untuk Anak, namun sudah kami beri bagian struktur teksnya supaya kalian paham bagian-bagiannya.

Jangan lupa untuk share contoh teks ini, dan kalian boleh copas artikelanya namun jangan lupa cantumkan sumber referensi.

Related : Contoh Teks Eksplanasi Pelangi Beserta Struktur Lengkapnya

1 komentar:

Poskan Komentar