E-learning Spesialis Nomor Satu

9 Februari 2016

Dalil Naqli dan Aqli Tentang Iman Kepada Rasul Allah

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Mata Pelajaran #Pendidikan Agama Islam merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib dipelajari di Sekolah, bahkan sempat diisukan akan diujikan pada Ujian Nasional lho. Salah satu materi dalam mata pelajaran tersebut adalah memahami iman kepada rasul allah.

Jika temen-temen sudah membaca mengenai pembahasan tersebut mungkin sekarang tinggal mencari referensi lain mengenai dalil iman kepada rasul allah. Di dalam Al-Quran banyak sekali yang bisa kalian temukan, namun dalam artikel ini akan kami sediakan dengan mudah supaya tidak memakan banyak waktu kalau sedang terburu-buru.

Sebelumnya nih, kan dalil ada 2 tuh. Dalil Naqli dan Dalil Aqli, pengertian dalil naqli adalah dalil yang berasal dari Al-Quran dan hadits. Sedangkan dalil aqli merupakan dalil yang disandarkan dari pemikiran manusia namun tetap berdasar dari Al-Quran dan Hadits karena kalau sampai salah kan fatal.

Dalil Naqli Iman Kepada Rasul Allah

Berikut beberapa dalil naqli iman kepada rasul allah beserta ayat dan terjemahannya : 

#1. QS. Al Baqarah ayat 285
QS Al-Baqarah Ayat 285 - Dalil Iman Kepada Rasul Allah
Artinya :
"Rasul telah beriman kepada Al Quran yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. (Mereka mengatakan): "Kami tidak membeda-bedakan antara seseorangpun (dengan yang lain) dari rasul-rasul-Nya", dan mereka mengatakan: "Kami dengar dan kami taat". (Mereka berdoa): "Ampunilah kami ya Tuhan kami dan kepada Engkaulah tempat kembali".

Dalil Iman Kepada Rasul Allah
Dalil Iman Kepada Rasul Allah
#2. QS. An Nisa' ayat 136
QS. An Nisaa' ayat 136 - Dalil Naqli Iman Kepada Rasul Allah
Artinya : 
"Wahai orang-orang yang beriman, tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan kepada kitab yang Allah turunkan kepada Rasul-Nya serta kitab yang Allah turunkan sebelumnya. Barangsiapa yang kafir kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian, maka sesungguhnya orang itu telah sesat sejauh-jauhnya."


#3. Q.S. Al-Mukmin ayat 78
QS Al-Mukmin ayat 78 - Dalil Naqli Iman Kepada Rasul Allah
Artinya : 
"Dan sesungguhnya telah Kami utus beberapa orang rasul sebelum kamu, di antara mereka ada yang Kami ceritakan kepadamu dan di antara mereka ada (pula) yang tidak Kami ceritakan kepadamu. Tidak dapat bagi seorang rasul membawa suatu mukjizat, melainkan dengan seizin Allah; maka apabila telah datang perintah Allah, diputuskan (semua perkara) dengan adil. Dan ketika itu rugilah orang-orang yang berpegang kepada yang batil."


#4. Q.S An Nahl ayat 36
QS An Nahl ayat 36 - Dalil Naqli Iman Kepada Rasul Allah
Artinya :
"Dan sungguhnya Kami telah mengutus rasul pada tiap-tiap umat (untuk menyerukan): "Sembahlah Allah (saja), dan jauhilah Thaghut itu", maka di antara umat itu ada orang-orang yang diberi petunjuk oleh Allah dan ada pula di antaranya orang-orang yang telah pasti kesesatan baginya. Maka berjalanlah kamu dimuka bumi dan perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang mendustakan (rasul-rasul)."

#5. Q.S Maryam ayat 58
Q.S Maryam ayat 58 - Dalil Naqli Iman Kepada Rasul Allah
Artinya :
"Mereka itu adalah orang-orang yang telah diberi nikmat oleh Allah, yaitu para nabi dari keturunan Adam, dan dari orang-orang yang Kami angkat bersama Nuh, dan dari keturunan Ibrahim dan Israil, dan dari orang-orang yang telah Kami beri petunjuk dan telah Kami pilih. Apabila dibacakan ayat-ayat Allah Yang Maha Pemurah kepada mereka, maka mereka menyungkur dengan bersujud dan menangis."


#6. Q.S Al Hajj ayat 75
Q.S Al Hajj ayat 75 - Dalil Naqli Iman Kepada Rasul Allah
Artinya :
"Allah memilih utusan-utusan-(Nya) dari malaikat dan dari manusia; sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Melihat."


Dalil Aqli Iman Kepada Rasul Allah

#1. Rubbiyyah Allah Ta'ala dan rahmat_Nya memastikan pengangkatan rasul dariNya untuk semua umar manusia agar memperkenalkan (Rab) kepada mereka dan membimbingnya menuju jalan kebahagiaan di dunia maupun akhirat.

#2. Allah Ta’ala menciptakan manusia supaya beribadah kepadaNya, firmanNya, artinya, “Dan Aku tidak sekali-kali menciptakan jin dan manusia kecuali supaya mereka beribadah kepadaKu.” (Adz-Dzariyat: 56). Maka hal ini menuntut adanya pemilihan manusia sebagai rasul agar mengajarkan kepada manusia bagaimana seharusnya beribadah kepada Allah Ta’ala. Sebab yang demikian itulah tugas dan tujuan penciptaan manusia.

#3. Berita dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam sendiri tentang kenabiannya, yang dengannya kenabian diakhiri, kewajiban taat dan patuh kepadanya dan keumuman risalah kerasulannya (untuk seluruh manusia). Sabda beliau shallallahu ‘alaihi wasallam, “Sesungguhnya aku adalah seorang hamba Allah dan penutup para nabi; dan sesungguhnya Nabi Adam masih berwujud tanah”. (HR. Bukhari, Ahmad dan Ibnu Hibban) dan hadits-hadits yang lainnya.

#4. Adanya kesaksian dalam kitab Taurat dan Injil mengenai kerasulan dan kenabian Rasulullah SAW dan berita dari Nabis Musa dan Isa AS dalam firman Allah Dan (ingatlah) ketika Isa putera Maryam berkata: Hai bani Israil, sesungguhnya aku adalah utusan Allah kepadamu, membenarkan kitab (yang turun) sebelumku, yaitu Taurat dan memberi khabar gembira dengan (datangnya) seorang Rasul yang akan datang sesudahku, yang namanya Ahmad (Muhammad). Maka tatkala Rasul itu datang kepada mereka dengan membawa bukti-bukti yang nyata, mereka berkata: Ini adalah sihir yang nyata. (QS. Ash-Shaff:6).

Referensi :
https://www.alsofwah.or.id/cetakannur.php?id=525
Semoga dengan mengetahui beberapa dalil naqli iman kepada rasul allah beserta dalil aqlinya bisa menambah keimanan kita. Selain itu artikel ini semoga bisa membantu temen-temen yang sedang belajar maupun membuat makalah iman kepada rasul allah

Related : Dalil Naqli dan Aqli Tentang Iman Kepada Rasul Allah

0komentar:

Poskan Komentar