E-learning Spesialis Nomor Satu

19 Mei 2016

Pengertian, Asas dan Ciri-ciri Demokrasi Pancasila Menurut Ahlinya

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Pancasila merupakan landasan dari segala keputusan yang akan diambil oleh bangsa Indonesia juga menjadi ideologi yang mencerminkan kepribadian bangsa kita.

Karena digunakan sebagai landasan dari segala keputusan, maka Pancasila juga digunakan dalam suatu bentuk pemerintahan, demokrasi ini disebut sebagai #Demokrasi Pancasila.

Dalam mata pelajaran #PPKn sewaktu kelas 8 SMP atau kelas 11 di SMA mungkin kalian akan atau bahkan sedang mempelajari tentang bab Demokrasi Pancasila ini.

Paham tentang Demokrasi Pancasila ini sangat penting untuk dipelajari, khususnya kita sebagai anak ibu pertiwi yang sedang menimba ilmu. Demokrasi Pancasila juga sangat penting untuk bangsa Indonesia sendiri dimana digunakan untuk mengawal pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia ini.

Supaya temen-temen mengetahui lebih banyak tentang materi pembelajaran Demokrasi Pancasila, kami akan berikan daftar isi termasuk dengan poin pokok pada pembahasan di artikel ini :
1. Pengertian demokrasi pancasila
2. Pengertian demokrasi pancasila menurut para ahli
3. Asas-asas demokrasi pancasil
4. Ciri-ciri demokrasi pancasila
5. Kesimpulan
Oiya, siapin teh hangat, buku catatan kalian untuk belajar materi PPKn yang mungkin dianggap banyak oleh banyak siswa (termasuk admin)

Pengertian Demokrasi Pancasila

Pengertian, Ciri-ciri dan Asas Demokrasi Pancasila
Rangkuman Demokrasi Pancasila

1. Menurut wikipedia Indonesia,
Apa yang dimaksud dengan demokrasi pancasila menurut Wikipedia ialah :
merupakan demokrasi yang konstitusional berdasarkan mekanisme kedaulatan rakyat di setipa penyelenggaraan negara dan penyelenggaraan pemerintahan menurut konstitusi yaitu UUD 1945. Sebagai demokrasi Pancasila terikat dengan UUD 1945 dan implementasinya (pelaksanaannya) wajib sesuai dengan apa yang terdapat dalam UUD 1945.

2. Pengertian secara umumnya,
Secara umum, demokrasi pancasila adalah :
Demokrasi Pancasila adalah suatu paham demokrasi yang bersumber dari pandangan hidup atau falsafah hidup bangsa Indonesia yang digali berdasarkan kepribadian rakyat Indonesia sendiri. Dari falsafah hidup bangsa Indonesia, kemudian akan timbul dasar falsafah negara yang disebut dengan Pancasila dimana terdapat, tercemin, terkandung dalam Pembukaan UUD 1945.

Materi pelengkap : 7 Sendi Pokok Demokrasi Pancasila
Selain pengertian dari sumber terpercaya dan secara umumnya, ada juga pengertian demokrasi yang satu ini dari ungkapan pendapat ahlinya seperti :

1. Prof. Notonegoro,
Menurut Prof. Notonegoro demokrasi pancasila berarti :
kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan yang ber-Ketuhanan YME, yang berkemanusiaan yang adil dan beradab, yang mempersatukan Indonesia, dan yang berkeadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

2. Prof. Darjdi Darmo Diharko,
Ahli demokrasi pancasila ini juga mengemukakan pendapatnya, menurut beliau :
demokrasi pancasila adalah paham demokrasi yang bersumber dari kepribadian dan falsafah hidup bangsa Indonesia, yang perwujudannya seperti dalam ketentuan-ketentuan Pembukaan UUD 1945.

3. Kansil,
Adapun pengertian menurut ahli lainnya dari Kansil, menurutnya
Demokrasi pancasila adalah adalah kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan dan perwakilan, yang merupakan sila keempat dari dasar Negara Pancasila seperti yang tercantum dalam alinea ke 4 Pembukaan UUD 1945.

Dari pengertiannya sudah sangat jelas bahwa Demokrasi Pancasila merupakan bentuk demokrasi yang digunakan bangsa Indonesia dimana bertujuan untuk memenuhi tujuan bangsa Indonesia yang telah dicantumkan dalam batang tubuh pembukaan UUD 1945 dan dilaksanakan tentunya sesuai UUD 1945.
Materi pelengkap : 10 Prinsip Demokrasi Pancasila

Asas-asas Demokrasi Pancasila

Asas merupakan prinsip dasar yang menjadi acuan dalam mengambil suatu keputusan penting, untuk memenuhi tujuan penting ini Demokrasi Pancasila menerapkan asas :

a. Asas Kerakyatan
Merupakan asas kesadaran untuk cinta kepada rakyat, manunggal (berpadu) dengan nasib dan cita-cita rakyat, serta memiliki jiwa kerakyatan atau menghayati keasadaran senasib dan secita-cita dengan rakyat.

Pada asas kerakyatan, intinya adalah demokrasi pancasila ini memiliki dasar rasa cinta dan padu dengan rakyat supaya memenuhi cita-citanya yang satu.

b. Asas Musyawarah
Asas yang memperhatikan aspirasi dan kehendak seluruh rakyat yang jumlahnya banyak dan melalui forum permusyawaratan untuk menyatukan pendapat serta mencapai kesepatakan bersama atas kasih sayang, pengobaranan untuk kebahagian bersama.

Kemudian pada asas musyarawah, demokrasi pancasila memiliki dasar bahwa musyawarah merupakan media untuk mempersatukan pendapat secara rasa kasih sayang dan pengorbanan untuk kebahagian rakyat Indonesia.

Ciri-ciri Demokrasi Pancasila

Setelah mengetahui pengertiannya, sekarang kita berlanjut ke ciri-ciri Demokrasi Pancasila. Prinsip pada Demokrasi Pancasila berbeda dari Demokrasi Universal(secara luas). Kenapa? Sudah pasti karena Demokrasi Pancasila tidak lepas dari Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 dimana ciri-cirinya yaitu :

  1. Pemerintah dijalankan berdasarkan konstitusi
  2. Tidak mengenal oposisi
  3. Kebebasan individu tidak bersifat mutlak Adanya pemilu secara berkesinambungan
  4. Adanya peran-peran kelompok kepentingan
  5. Adanya penghargaan atas HAM serta perlindungan hak minoritas
  6. Demokrasi Pancasila merupakan kompetisi berbagai ide dan cara untuk menyelesaikan masalah
  7. Ide-ide yang paling baik akan diterima, bukan berdasarkan suara terbanyak (musyawarah mufakat)

Dengan ciri-ciri diatas semakin diketahui dimana demokrasi ini terikat dengan Pancasila dan UUD 1945 maka pelaksanaanya pun harus sesuai.

Kesimpulan

Dari pembahasan diatas kita bisa mengetahui bahwa Demokrasi Pancasila tidak jauh dari batang tubuh UUD 1945 dan Pancasila. Demokrasi ini juga menjunjung tinggi hak asasi manusia dan pelaksanaanya sesuai dengan Pancasila. Itu semua sebagai sarana untuk mencapai tujuan bangsa Indonesia tentunya.

Semoga pembahasan mengenai Demokrasi Pancasila dapat menambah ilmu temen-temen. Janga lupa untuk membagikan artikel bermanfaat ini kepada temen ang lain ya! Untuk pembahasan lebih lengkapnya silahkan baca artikel terkait di bawah ini.

Related : Pengertian, Asas dan Ciri-ciri Demokrasi Pancasila Menurut Ahlinya

0komentar:

Poskan Komentar